Tentang tabishPROperty

Info rumah dijual, agen dan suplier tentang bahan bangunan murah bata merah, bata ringan, pasir serta jasa geolistrik dan jasa sumur bor profesional, call 082117569323

Friday, August 28, 2015

Langkah Dan Tahap Pembuatan Sumur Bor

Langkah Dan Tahap Pembuatan Sumur Bor
Persiapan Team Jasa Sumur Bor

Jasa sumur bor memerlukan tahap - tahap yang harus diperhatikan sebelum memulai pembuatan sumur bor, tahap - tahap ini semoga menjadi tambahan pengetahuan anda yang ingin membuat sumur bor, yang  utama adalah jangan ragu untuk melakukan konsultasi kepada ahlinya yang dapat dipercaya, salah satunya alasannya adalah karena biaya pembuatan sumur bor cukup tinggi.
Tahap -tahapnya adalah sebagai berikut  :
Pertama akan diadakan  Survey lapangan, disini akan ditentukan perlu tidaknya survey geolistrik atau teknisi survey sudah bisa memutuskan perlu tidak dilakukan survey geolistrik, survey geolistrik biasanya dilakukan dilokasi yang belum pernah dilakukan pengeboran disekitarnya atau lokasi luar kota yang kontur tanahnya berbukit.
Kedua apabila sudah diputuskan  dimana titik pengeboran dibuat  maka diadakan persiapan dan mobilisasi alat kelokasi pembuatan sumur bor serta persiapan Alat alat pengeboran dan personil/kru team sumur bor.
Ketiga  mulai instalasi Mendirikan rig (menara bor), melakukan setting mesin bor sesuai lokasi proyek pembuatan sumur bor, tidak lupa Pembuatan bak lumpur (sirkulasi) dengan kedalaman sekitar 1 x 1 m berbentuk bujursangkar
Keempat Mulai Pilot hole (Percobaan pemboran), dengan dicermati tiap kedalaman dan kandungan batuannya (kandungan batuan tiap meter perlapisan).dan dicatat waktu kecepatan pemboranya, disini bak lumpur dipersiapkan.
Kelima bila pengeboran telah dinyatakan cukup debit airnya maka  kemudian dilakukan  well logging, well logging berguna untuk mengetahui lapisan air tanah /aquifer yang bagus dan tidak tercemar oleh limbah berbahaya.
Keenam Setelah well logging dilakukan maka dilakukan pembesaran lobang bor untuk pemasangan konstruksi pipa dan pemasangan screen,
diantara pipa dengan sisi tanah diisi dengan batu gravel untuk menguatkan screen pipa dan menjadikan filter air sebelum masuk kedalam pipa screen.
Ketujuh adalah tespump untuk mengetahui debit air yang dihasilkan, sekaligus proses pengurasan air hingga air yang dihasilkan bersih dapat memakan waktu 3 atau 6 jam atau lebih tergantung kandungan lumpur.
 Dalam pelaksanaan pengeboran sumur waktu dan lama pengerjaan tidak bisa ditentukan secara pasti, semua tergantung pada kontur batuan yang ditemui ketika pengeboran, ada kalanya satu daerah selesai hanya dalam waktu satu minggu ada pula hingga mencapai satu bulan pengerjaan dengan kedalaman yang sama, inilah yang menyebabkan harga jasa pembuatan sumur bor yang ditetapkan berbeda - beda setiap lokasi pembuatan sumur bor, karena dapat dipastikan operasional dilapangan dapat dibedakan dari lamanya pengerjaan pembuatan sumur bor.